Rabu, 09 November 2016

Cara Belajar Efektif Tidak Membosankan



Cara Belajar Efektif  Tidak Membosankan


Belajar merupakan sebuah usaha untuk kita bisa lebih tahu, baik, pintar, cerdas dan juga dewasa dalam berpikir. Dalam proses pembelajaran banyak kendala untuk supaya kita bisa lebih baik. Contohnya terkadang aktifitas yang setiap hari berulang mengundang kejenuhan-kejehuan dalam belajar dan pembelajaran yang hasilnya pengetahuan tidak bertambah prestasi tidak tercapai. Hal ini memerlukan perhatian khusus baik sebagai pelajar maupun sebgai guru.
Maka dari itu dibawah ini beberapa cara belajar efektif agar kegiatan belajar yang sehari-hari kita lakukan tidak membosankan tetapi bisa menyenangkan :

1. Selingi dengan istirahat
Jika anda merasa jenuh dan capek, sebaiknya anda berhenti untuk belajar dan selingilah dengan istirahat karena hal ini penting agar anda tidak drop.

2. Atur Ruang Belajar
Aturlah kenyamanan ruangan belajaranda, kareba bagaimanapun andalah yang akan menentukan kesuksesan belajar anda. Dengan ruangan yang baik tentunya akan semakin membuat anda semangat belajar. Hal ini merupakan cara belajar efekti bagi anda.

3. Dengarkan Musik
Jika anda merupakan tipe belajar yang suka musik attu bisa belajar dalam keadaan ribut. Solusi belajar dengan diselingi musik juga sepertinya baik dilakukan untuk anda.

4. Belajar dengan Praktik
Belajar dengan praktek merupakan cara belajar paling bagus dan efektif karena didalam keduanya ada teori dan prakteknya. Untuk itu anda bisa melakukan praktek jika anda mau.

5. Belajar dengan Rutin
Belajarlah dengan rutin, karena dengan belajar rutin anda bisa mengingat semua pelajaran baru maupun lama.

6. Jadilah seorang Detektif
Jadikanlah pelajaran yang anda temui sebagi teka-teki dan anda harus menjadi detektif untuk bisa memecahkan teka-teki itu.

7. Ubah Metode Belajar
Cobalah belajar dengan banyak metode, membaca, praktek, dll. Karena hal itu bisa membantu anda agar tidak cepat bosan.

8. Ciptakan suasana yang kondusif
Ciptakanlah suasana belajar yang tenang dan kondusif, agar pelajaran yang anda pelajari masuk kedalam otak.

9. Mengerti bukan Menghafal
Coba anda belajar memahami dan mengerti pelajaran yang anda pelajari. Bukan untuk dihafal, dihafal boleh saja asalkan anda bisa memahaminya.

10. Luangkan waktu untuk belajar 15- 1 jam
Otak kita sama dengan perut setiap waktu lapar harus ada asupan-asupan dengan cara memberikan waktu luang belajar 15-1 jam di rumah anda sudah mengenyangkan otak anda setiap harinya insya allah akan ada perbedaan yang baik.

Karena belajar yang baik adalah muncul dari hati dan niat yang tulus bukan karena terpaksa dan dipaksa......^_^ SELAMAT MENCOBA YAA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar